Kamis, 13 Juni 2013

Rumor Desain Baru iOS 7



Desain baru iOS 7 memang tidak terprediksi sebelumnya. Rumor mengenai flat design telah santer terdengar sebelumnya tetapi tidak seorangpun bisa menebak bahwa hasil akhirnya akan seperti yang dipamerkan Apple di WWDC 2013 dua hari lalu. Bagi yang tidak suka dengan desain baru iOS 7, Anda pasti meragukan Apple-lah yang telah mendesainnya.

Tampaknya memang benar demikian. Laporan terbaru yang disampaikan The Next Web mengatakan tim desain internal Apple tidak bertanggung jawab seluruhnya atas perombakan iOS 7. Lalu siapa yang bertanggungjawab?

Dikatakan bahwa ketika Apple memutuskan Jonathan Ive untuk memimpin perombakan desain iOS 7, sang desainer senior asal Inggris tersebut memasukan tim marketing dan komunikasi Apple untuk turut urun rembuk mengenai desain baru iOS 7.

"Dari yang kami dengar, SVP of Design Jony Ive (yang sekarang juga menjabat pimpinan divisi Human Interaction) membawa hasil print dan meminta tim web marketing untuk melihat tampilan dan warna dari app icons di iOS 7. Mereka lalu menyerahkan hasilnya ke tim desain aplikasi yang bertugas mengerjakan bagian interiornya, menggunakan warna yang telah dipilih tadi."

Dari keterangan tersebut, tampaknya tim desain internal Apple (yang terdiri dari orang-orang bertalenta dan berpengalaman) bukanlah pihak yang bertanggungjawab penuh atas pemakaian warna dari stock app icons di iOS 7. Sebaliknya, tim marketing-lah yang memilih warna-warna pelangi itu.

Laporan tersebut juga menjelaskan proses lanjutan setelah warna-warna inti untuk masing-masing icon telah ditentukan. Dikatakan bahwa tim desain mengerjakan bagiannya masing-masing secara terpisah. Yang sangat disayangkan, tidak ada proses kolaborasi untuk saling mencocokkan satu sama lain. Penjelasan tersebut tampaknya bisa menjawab pertanyaan Anda kenapa tidak ada konsistensi warna antara satu icon dengan icon yang lain di dalam iOS 7.

Namun bukan berarti selamanya Anda akan melihat warna-warna pelangi tersebut di screen iDevice Anda. Itu karena ada kemungkinan Apple masih akan melakukan perbaikan iOS 7, terutama untuk desain visualnya.

"Pengerjaan desain dan pengembangannya masih berjalan dan apa yang diperlihatkan ke publik pekan ini merupakan 'pekerjaan yang masih berlangsung'"

Semoga kabar ini bisa sedikit melegakan, terutama bagi Anda yang kecewa terhadap tampilan baru iOS 7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar