Selasa, 04 November 2014

Pengantar Telematika

1          1.      Definisi dari Telematika:
Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L'informatisation de la Societe. Istilah telematika yang berasal dari kata dalam bahasa Perancis telematique merupakan gabungan dua kata telekomunikasi dan informatika. Telematika sendiri merupakan teknologi komunikasi jarak jauh yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital.
Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai "the new hybrid technology" yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah konvergensi.

2          2.      Media komunikasi apa saja yang digunakan untuk telematika?
            Jawab:
            Pada awalnya perkembangan teleamtika di Indonesia dapat dibagi dua masa dimana pada masa pra-satelit media yang digunakan untuk telematika adalah Radio dan Telepon, Televisi. Kemudian pada masa satelit sudah mulai menggunakan satelit sebagai media telematika. Namun semakin zaman berkembangan maka muncul media-media baru seperti Wireless Network, Jaringan Internet,GPS dan masih banyak lagi mengikuti perkembangan yang ada.

3        3.      Jelaskan perkembangan telematika sebelum dan sesudah internet muncul.
          Jawab:
        Sebelum munculnya dunia internet media telematika yang digunakan hanya berupa media-media yang masih tradional berupa telepon,televise dan radio. Media-media tersebut digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Namun setelah munculnya internet dijaman yang semakin maju ini maka media-media yang sudah ada sebelumnya bukan hilang tapi semakin diperbaiki dan perbaharui. Kemampuan dalam menyampaikan informasi justru jadi bertambah baik serta penggunaan media tersebut jadi lebih beragam. Internet jadi sangat mempengaruhi dunia telekomunikasi dan telematika diera globalisasi ini.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar