Jumat, 15 November 2013

Membahas Artikel dengan penggunaan EYD





Ada beragam kegunaan yang ditawarkan oleh 3D printer, mulai dari membuat mainan hingga circuit board smartwatch. NASA pun rupanya menaruh perhatian pada teknologi ini. Ya, 3D printer akan digunakan di ruang angkasa.

Mulai musim gugur tahun depan, astronot di International Space Station tidak perlu berbulan-bulan untuk suku cadang yang dikirimkan dari bumi. Mereka dapat menggunakan 3-D printer baru untuk membuat alat-alat dan material yang mereka butuhkan.

Niki Werkheiser, 3-D Print project manager NASA Marshall Space Flight Center yang berlokasi di Huntsville mengatakan, “3D printer yang akan kami terbangkan di stasiun ruang angkasa akan menjadi 3D printer yang pertama di ruang angkasa.”

Merujuk pada mesin yang dapat menciptakan makanan dan suku cadang, Werkheiser mengungkapkan jika ini adalah langkah pertama sebagai replika Star Trek.

3D printer akan debut di stasiun ruang angkasa pada bulan Agustus 2014 mendatang. Ini merupakan proyek gabungan antara NASA Marshall dan Made in Space, sebuah perusahaan berbasis di California.

Kehadiran 3D printer akan menjadi solusi bagi masalah yang selama ini sering timbul, ketika peralatan di stasiun ruang angkasa rusak atau hilang dan harus menunggu cukup lama untuk misi suplai berikutnya diluncurkan dari bumi. Alternatif awalnya adalah mengirimkan beberapa suku cadang, namun akan menambah berat dan lebih banyak bahan bakar digunakan, tentunya akan berimbas pada biaya yang dikeluarkan. Namun 3D printer akan membuat segalanya menjadi lebih mudah dan efisien. (http://www.lovelytoday.com/geargadget/2013/11/15/19679/nasa-akan-gunakan-3d-printer-di-ruang-angkasa)



Komentar:

Pada artikel tersebut sudah cukup baik dalam penggunaan bahasanya, terutama pada tanda baca dan penggunaan huruf. Namun masih ada satu kalimat yang kurang menggunakan kata penghubung 'yang' yaitu pada kalimat: Alternatif awalnya adalah mengirimkan beberapa suku cadang, namun akan menambah berat dan lebih banyak bahan bakar digunakan. Harusnya sebelum kata digunakan penulis menambahkan kata penghubung 'yang' agar kalimat menjadi lebih efektif dan baik untuk dibaca.


Artikel diambil pada hari Sabtu,16 November 2013 dari situs www.Lovelytoday.com


Cindy Tri Septiani/11111662/3Ka34

Tidak ada komentar:

Posting Komentar