Senin, 06 Mei 2013


Metode Newton Raphson pada Pascal
Untuk menentukan akar persamaan sebuah fungsi kita bisa gunakan metode newyon raphson, seperti di bawah ini:
Pertama-tama kita deklarasikan tipe variabel yang akan kita gunakan.
Kemudian tentukan nilai f(x) yang akan kita gunakan sebagai persamaan dan yang kita cari akar persamaanya.
Kemudian masukkan nilai X1 dan kemudian program akan mencetak nilai tersebut, berbeda dengan metode-metode sebelumnya yang memasukkan dua nilai yaitu X1 dan X2 namun pada metode newton raphson ini kata hanya memasukkan nilai X1 saja. Karna pada newton raphson ini kita akan melakukan turuan atau diferensiasi pada fungsi f(x) sehingga hanya dengan satu nilai saja kita bisa lakukan turunan pada fungsi.
Jika nilai turunan pertama dan kedua sudah sesuai dengan syarat yaitu <1 maka program akan berjalan lagi untuk menentukan nilai absolut dan selanjutnya menentukan nilai X yang kedua beserta dengan nilai turunan pertama dan turunan keduanya.
Program akan terus berjalan sampai berhenti di nilai absolut yang kita ingin cari yaitu 10-7.
Kemudian program akan berhenti dan mencetak nilai akar persamaan dan nilai errornya.
Jika kita ingin megulang maka kita bisa ketik Y untuk memasukkan nilai X yang pertama tentunya berbeda dari nilai yang sebelumnya. Jika tidak maka kita bisa ketik T dan program selesai.
Maka hasil output dari program tersebut adalah:
Jika kita masukan nilai X1= 3
Dapat dilihat bahwa nilai X1 yang di masukkan memenuhi syarat untuk turuan pertama dan kedua yaitu harus <1 sehingga program dapat terus berjalan sampai mendapatkan nilai mendekati 10-7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar