Senin, 05 Maret 2012

Pengertian Kebudayaan (1)

Pengertian Kebudayaan (1)

Apa yang di maksud dengan kebudayaan ?
PENGERTIAN KEBUDAYAAN
Kebudayaan sering kali terbatas pada sesuatu yang indah-indah seperti, candi, tarian, seni suara , sastra. Ralph Lincon seorang Ahli Antropologi dalam bukunya yang berjudul The  Curtural Background of Personality memaparkan tentang definisi kebudayaan yaitu : Seluruh cara dari semua kehidupan masyarakat yang mana pun dan tidak mengenai sebagian dari cara hidup itu yaitu bagian oleh masyarakat dianggap lebih tinggi atau lebih diinginkan .

Kata kebudayaan berasal dari kata budh—> budhi—> budhaya dalam bahasa sansekerta yang berarti akal, sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil pemikiran atau akal manusia. Ada pendapat yang mengatakan bahwa kebudayaan yang berasal dari kata budi dan daya. Budi adalah akal yang merupakan unsure rohani dalam kebudayaan, sedangkan daya berarti perbuatan atau ikhtiar sebagai unsure jasmani, sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil dari akal dan ikhtiar manusia (supartono, 2001; Prasetya, 1998).
Mengenai definisi kebudayaan telah banyak sarjana-sarjana ilmu sosial yang mencoba menerangkan dari sudut pandangnya masing-masing. A.L. Kroeber dan C. Kluckhohn menyatakan bahwa da sekitar 179 definisi tentang kebudayaan. Oleh karena itu pemilihan definisi kebudayaan yang tepat sangat sukar. Sehubungan dengan hal itu maka akan dicoba memaparkan beberapa definisi kebudayaan.(Lanjut bagian ke-2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar