Menyelesaikan Akar Persamaan dengan
Metode Biseksi
Menggunakan Program Pascal
Var
x1,x2,x3,y1,y2,y3: real; mendeskripsikan bahwa varibel
tersebut bertipe real
I:
integer; mendeskripsikan bahwa i sebagai tipe data integer.
Ab:
char; mendeskripsikan ab sebagai tipe data karakter.
writeln('Tentukan Nilai akar persamaan f(x)=x^3+x^2-3x-3=0 dengan Metode Biseksi);
write('Masukkan nilai x1 = ');
readln(x1);
y1 := x1 * x1 * x1 + x1 * x1 – 3 * x1-3;
writeln(' Nilai
f(x1)
= ',y1:0:4);
repeat
mendeskripsikan persamaan untuk mencari akar
penyelesaian, memasukan nilai X1 dan program akan mencetak X1. Kemudian
menentukan spasi-spasi yang ada pada layar apabila nanti kita akan mencetak
program di layar.
Begin memulai
program kembali
write('Masukkan nilai x2 = '); masukkan nilai X2
readln(x2);
program akan mencetak nilai X2 yang kita input
y2 := x2 * x2 * x2 + x2 * x2 - 3 *x2 - 3; persamaan untuk menyelesaikan akar
writeln(‘ Nilai f(x2) = ',y2:0:4); menentukan letak spasi
writeln;
writeln('Syarat (x1 * x2) < 0')
write('x1 * x2 = ',y1 * y2:0:5);
if (y1 * y2) < 0 then write('Nilai OK')
else writeln ('Nilai
X2
belum
sesuai'); syarat jika X1
dikali X2 kurang 0 maka nilai diterima sesuai syarat. Jika tidak sesuai maka
program akan memnita untuk memasukan kembali nilai x2.
Until
(y1*y2)< 0; program akan meminta kembali memasukkan
nilai x2 sampai sesuai dengan perintah uang di masukkan.
Kemudian program akan mencetak tabel untuk nilai n,x,f(x) dan error.
I:=
i*1; x3 := (x1+x2)/2; untuk mendapatkan nilai x3 maka
yang harus dilakukan adalah menambahkan nilai x1 dan x2 kemudian dibagi 2. Lalu
masukkan kembali ke persamaan yang sebelumnya.
Kemudian tabel akan mengisi nantinya dengan
nilai-nilai yang sudah di hitung berikut pula demgan errornya.
Kemudian program akan memulai lagi menghitung
seperti yang di masukkan pada program,untuk menentukan nilai-nilai X
selanjutnya, seperti x4,x5 dst sampai nanti ketemu nilai absolutnya 10^-7
(sepuluh pangkat minus tujuh).
Jika sudah mendapatkan sesuai dengan nilai absolut
yang di butuhkan maka program akan berhenti dan mencetak nilai akar persamaanya
dengan berapa nilai absolutnya.
Bila kita ingin mengulang program tersebut dengan
memasukkan nilai x1 dan x2 yang berbeda maka kita bisa memilih Y untuk
mengulang dan T untuk menyelesaikan atau tidak mengulang program.
Berikut adalah hasil dari program yang kita kerjakan
di atas. Kita masukkan nilai x1 = 5 dan x2 = 1, maka outputnya menjadi seperti
berikut ini:
Kita bisa lihat bahwa sampai nilai x ke 9 belum
menemukan nilai error yang diinginkan maka apabila kita menekan enter lagi akan
keluar lagi nilai x nya sampai ketemu nilai error yang diinginkan.
Ternyata untuk nilai x1 x2 yang kita masukkan
menghasilkan sebanyak 29 kali iterasi dengan nilai absolut mencapai 10^-8.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar